Disparbud Touna Dorong Pelestarian Budaya Sebagai Destinasi Prioritas Daerah Untuk Dikembangkan

  • Bagikan
Kepala Disparbud Kabupatent Touna, Daeng Mario Pawadjoi
Kepala Disparbud Kabupatent Touna, Daeng Mario Pawadjoi

TOUNA | (IT) – Dinas Parawisata dan Kebuadayaan (Disparbud) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) terus mendorongpelestarian budaya sebagai destinasi menjadi prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Touna untuk dikembangkan.

Kepala Disparbud Kabupatent Touna, Daeng Mario Pawadjoi mengatakan, bahwa perkembangan zaman menyajikan berbagai modernisasi pada masyarakat, dari perkotaan hingga pedesaan, secara perlahan keberagaman budaya lokal pun mulai tergerus.

Kondisi itu tidak hanya terjadi di daerah pariwisata yang kaya akan budayanya namun sudah merambah keberbagai daerah wisata seperti Touna.

“Olehnya , itu diperlukan kerjasama dari masyarakat guna melestarikan budaya local,” kata Mario Pawadjoi kepada media ini, Selasa (06/04).

Menurutnya, akses wilayah Kabupaten Touna sudah terbuka dengan adanya Bandara Tanjung Api, kita sebagai pelaku seni budaya harus kuat mempertahankan kebudayaan lokal kita, sebab kalo tidak kita jangan berharap banyak kebudayaan touna ini maju dan dikenal kalangan nasional bahkan internasional.

Justru sebaliknya budaya kita hanya akan tinggal kenangan jadi mari kita bersama saling menguatkan dalam melestarikan budaya lokal kita ini.

“Destinasi bahari kepulauan togean erat kaitannya dengan pelestarian kebudayaan karena itu, pihaknya terus mendorong pelaku seni budaya,  tetap eksis menjaga seni dan kebudayaan lokal di Kabupaten Touna,” ujar Mario.(yya).

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *