DPRD Gelar Rapat Paripurna Pengumuman Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Touna Terpilih

  • Bagikan

TOUNA | (IT) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar rapat Paripurna dalam rangka Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Bapak Mohammad Lahay dan Ilham Lawidu pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tojo Una Una Tahun 2020, Selasa (23/03).

Rapat Paripurna ini, di Pimpin langsung Ketua DPRD Touna, Mahmud Lahay, SE. M. Si didampingi Wakil Ketua 1 Gusnar A Sulaiman, SE, MM dan Wakil Ketua II Mohammad Salim Makaruru, S.S.

Turut dihadiri PLH Bupati Touna yang diwakili Asisten III Setdakab Touna, Sekretaris DPRD Touna, Anggota DPRD Touna, Ketua dan Anggota KPU Touna, Ketua dan Anggota Bawaslu Touna, Forkopimda Touna, Pejabat eselon ll dan Pejabat eselon lll lingkup Pemda Touna, Lurah dan Kades serta tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Touna, Mahmud Lahay menyampaikan, bahwa rapat saat ini merupakan tindak lanjut dari ketentuan pasal 160 ayat (3) Undang Undang Nomor 8 tahun 2015 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang Undang yang menegaskan bahwa Pengesahan Pengangkatan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati serta Pengesahan Calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan berdasarkan Penetapan Pasangan Calon terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota yang di sampaikan oleh DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri melalui Gubernur.

“Olehnya,  berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Touna, maka saat ini kami mengumumkan penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Touna yang terpilih yaitu Bapak Mohammad Lahay dan Ilham, Masa Jabatan 2021 – 2024,” ucap Mud Lahay nama panggilan akrab Ketua DPRD Touna itu, Selasa (23/3).

Selanjutnya, kata Mud, berkaitan dengan proses penetapan keputusan pengesahan Bupati dan Wakil Bupati Touna akan di sampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulawesi Tengah.

“Jadi untuk proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Touna terpilih menunggu setelah SK sudah di Gubernur,” tukasnya.(YYA)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *