PILKADA 2020 

SUANDI: Linmas Sangat Berperan Penting Mengawal Ketertiban Didalam TPS

TOUNA | (IT) – Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubal Bawaslu Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Suandi Tamrin Bilatullah menyampaikan bahwa Linmas sangat berperan penting dalam mengawal ketertiban dalam tempat pemungutan suara (TPS) nantinya. Tak hanya itu, sebagai masyarakat anggota Linmas juga bisa berpartisipasi menjadi mata dan telinga pengawas untuk mewujudkan Pilkada yang berkualitas.

Hal itu disampaikan Andi nama sapaan anggota Bawaslu Touna itu saat menjadi narasumber pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas Desa Terhadap Penanganan Ketentraman, Ketertiban Umum Dan Keamanan Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Touna di hotel Grand Pink Ampana, Selasa, (27/10).

Dalam kesempatan itu, Andi menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati secara umum dan teknis pengawasan di tempat pemungutan suara (TPS).

“Perlu bapak-ibu sekalian, bahwa Bawaslu secara umum punya tupoksi mengawasi jalannya tahapan pemilihan yang diatur dalam aturan perundang-undangan, dan pada saat hari pemungutan dan perhitungan suara di TPS. Kami punya jajaran juga disana yang akan mengawasi pada saat 9 desember 2020,” jelas Andi.

Andi menambahkan, tak hanya pengawas pemilihan yang dapat mengawasi jalannya pemungutan dan perhitungan suara di TPS nantinya.

“Jadi setiap orang juga memiliki peran partisipatif dalam mengawasi, termasuk Satlinmas yang bertugas di TPS nantinya,” tambahnya.

Setelah memberikan materinya Andi mengajak peserta untuk melakukan foto bersama dengan berpose “salam awas” yang merupakan ciri khas Bawaslu secara Nasional.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Harum Berkah yang merupakan Lembaga Pengembangan Management Dan Peningkatan Kapasitas SDM (LPMPK-SDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) tersebut dimulai sejak pukul 09.00 Wita dan dihadiri oleh puluhan anggota Linmas se-Kabupaten Touna.

Sumber Berita : Humas Bawaslu Touna (Surya/Fikar).

 

 

Related posts

Leave a Comment