PILKADA 2020 

SUANDI: Insting Pengawasan Harus Dihidupkan Dalam Menjalankan Tugas dan Tanggung Jawab

TOUNA | (IT)  – Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubal Bawaslu Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Suandi Tamrin Bilatullah kembali memberikan penguatan dan pengarahan teknis pengawasan kepada jajaran Pengawas kelurahan/desa yang ada di dua kecamatan yakni Tojo dan Tojo Barat dalam rangkaian kegiatan bimbingan teknis pengawasan tahapan kampanye dan alat peraga kampanye di aula Kantor Camat Tojo Barat, Selasa (20/10).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Sengketa Bawaslu Touna, Leming, S.Ag, Koordinator Sekretariat Bawaslu Touna, Ibrahim Untu, SE dan beberapa staf.

Dalam materinta Suandi menegaskan kepada jajaran pengawas kelurahan/desa agar menghidupkan insting pengawasannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam perundang-undangan yang berlaku.

“Insting pengawasan harus dihidupkan agar mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pengawas namun tetap mematuhi ketentuan dalam regulasi yang ada,” tegas Suandi

Dikatakannya, bahwa pengawas saat dilapangan agar benar-benar mencermati tahapan yang diawasi dan menuangkannya didalam laporan formulir model A pengawasan.

“Kalau misalnya bapak-ibu turun melakukan pengawasan, lihat apa yang ada disana, jam berapa dan kapan kejadiannya, siapa saja yang ada disana, bagaimana prosesnya, setelah itu tulis dalam form A bapak ibu sekalian,” ujarnya,

Sementara itu, koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Sengketa Bawaslu Touna, Leming juga menyampaikan kepada jajaran pengawas kelurahan/desa agar terus berkoordinasi dengan jajaran pengawas kecamatan bilamana terdapat dugaan pelanggaran pada tahapan kampanye yang sedang berjalan saat ini.

“Sekarang inikan sedang jalan tahap kampanye, kalau ada dugaan pelanggaran misalnya berkumpul lebih dari 50 orang sesuai ketentuan yang ada, jangan ragu, koordinasikan cepat ke pengawas kecamatan, atau bisa pada saat itu langsung melakukan koordinasi dengan tim kampanye agar dapat mematuhi aturan mainnya, karena kita sekarang ada pandemi covid 19, olehnya di koordinasikan dengan baik,” pesannya.

Dalam kegiatan itu para peserta diberikan kesempatan untuk memberi pertanyaan berkaitan dengan dinamika persoalan yang dihadapi oleh jajaran pengawas ditingkat desa selama tahapan kampanye yang sedang mereka awasi tersebut.

Sumber Berita : Humas Bawaslu Touna.

Related posts

Leave a Comment