oleh

Mantapkan Pengawasan Tahapan Kampanye, Bawaslu Touna Gelar Rakor Bersama Panwascam

Bawaslu Touna Saat Menggelar Rakor Pengawasan Tahapan Kampanye Bersama Panwascam.

(IT), TOUNA- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu) se-Kabupaten Touna. Hal ini guna memantapkan pengawasan tahapan kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) serta Bupati dan Wakil Bupati Touna.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Pink Ampana, Rabu (30/9) ini dihadiri oleh Anggota Bawaslu Provinsi Sulteng, Jamrin SH, MH, Ketua Bawaslu Touna, Drs. Abas, Anggota Bawaslu Touna, Leming, S.Ag dan Suandi Tamrin Bilatullah, S.I.Kom serta Kordinator Sekertariat Bawaslu Touna, Ibrahim Untu, SE..

Ketua Bawaslu Touna, Drs. Abas dalam sambutannya mengatakan,  kegiatan rakor pengawasan dalam tahapan kampanye ini sangat penting dilaksanakan mengingat penyelenggaraan tahapan pemilihan dimasa Pandemi Covid 19 yang memiliki tantangan dan dinamika tersendiri.

“Hal ini sangat penting untuk diketahui dan dipahami saudara-saudara pengawas ditingkat kecamatan dan jajaran dibawah agar memperhatikan ketentuan penerapan PKPU 13 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada dimasa pandemi covid 19, sehingga tidak terjadi klaster baru,” ujarnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Sulteng, Jamrin, SH, MH dalam materinya memaparkan terkait  pelaksanaan ketentuan undang-undang 10 Tahun 2016 maupun Peraturan Bawaslu.

“Jika terdapat potensi sengketa perlu benar-benar dipahami oleh jajaran pengawas pemilihan. Olehnya, secara teknis ini harus dipahami oleh seluruh jajaran pengawas pemilihan,” terangnya.

Sementara itu, Kordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Touna, Suandi Tamrin Bilatullah dalam materinyamengingatkan agar jajaran pengawas perlu menghidupkan naluri pengawasannya agar dapat bekerja secara optimal dan profesional dalam tahapan kampanye yang membatasi kerumunan hingga 50 orang sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020.

“Agar optimal dan profesional bekerja pengawas pemilihan perlu menghidupkan insting pengawasannya. Memantau dan memberikan himbauan kepada LO dan tim kampanye agar sebelum pelaksanaan sosialisasi tatap muka, benar-benar mematuhi ketentuan-ketentuan berlaku yang ada di pkpu tahapan kampanye dimasa pandemi covid-19,” tukasnya.

Bawaslu Touna rencananya akan menggelar kegiatan rakor yang sama dengan mengundang Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran Tngkat Kecamatan se-Kabupaten Touna.****

 

 

Komentar