DPS Diumumkan, KPU Touna Minta Tanggapan Masyarakat

  • Bagikan
Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Touna, Sahrul.

TOUNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) mulai 19 s/d 28 September  2020 mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Lanjutan  Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Touna Tahun 2020.

Selama 10 hari tahapan pengumuman DPS tersebut, masyarakat diminta untuk mencermati nama-nama yang ada di DPS untuk selanjutnya memberikan tanggapan dan masukan kepada KPU melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS).

DPS diumumkan di kantor balai desa atau kelurahan di seluruh Kabupaten Touna. Selain di balai desa atau kantor kelurahan, PPS juga mengumumkan DPS di tempat-tempat strategis yang ada di desa/kelurahan dalam rangka mendekatkan dan memudahkan masyarakat untuk mencermatinya.

Divisi Perencanaan , Data dan Informasi KPU Kabupaten Touna, Sahrul mengatakan, dalam masa pengumuman dan tanggapan DPS ini, masyarakat, panwas, tim kampanye dan pihak-pihak lain dapat memberi masukan dan tanggapan terhadap daftar pemilih yang ada di DPS.

“Apabila ada warga yang telah memenuhi syarat namun belum ada dalam DPS, PPS akan memasukkan dalam daftar pemilih. Sebaliknya jika ada pemilih yang ada dalam DPS tetapi sudah tidak memenuhi syarat (TMS), PPS akan mencoret dari daftar pemilih,” terangnya.

Dia menambahkan, pemilih yang dicoret karena TMS bisa disebabkan beberapa hal. Di antaranya karena meninggal dunia, ganda, pindah domisili, berubah status atau lainnya.

“Selama masa pengumuman DPS ini masyarakat juga bisa mengoreksi jika ada ketidaksesuaian identitas daftar pemilih yang ada di DPS. Masukan masyarakat akan ditindaklanjuti oleh PPS untuk memperbaikinya,” tandasnya.

Penulis : Yahya Lahamu.

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page