Gencarkan Sosialisasi, KPU Touna Targetkan Angka Partisipasi Pemilih Meningkat

  • Bagikan

Touna, Infotouna.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menargetkan angka partisipasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Touna tahun 2020 meningkat.

Komisioner KPU Touna Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM Ridwan Syarifudin menyampaikan, bahwa pihaknya menargetkan ada peningkatan angka partisipasi pemilih dibandingkan tahun lalu sesuai dengan target KPU pusat yakni 77,5 persen. Sedangkan tingkat partisipasi pada tahun sebelumnya mencapai 84 persen.

“Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020, KPU Touna gencar melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Touna meski dalam masa pandemi virus corona (Covid-19),” kata Ridwan kepada wartawan, Kamis (27/08/2020).

Ridwan mengatakan, untuk mencapai target tersebut, sejak beberapa pekan terakhir sosialisasi terus ditingkatkan agar warga mengetahui Pilkada Touna akan digelar tanggal 9 Desember.

“Jadi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, pihaknya juga melaksanakan sosialisasi yang dikemas dalam KPU Fest yang didalamnya terdapat berbagai lomba guna menyasar pemilih pemula,” ujarnya.

Ridwan mengungkapkan, bahwa lomba-lomba yang dikemas dalam KPU Fest yaitu lomba pidato pemilihan, lomba puisi pemilihan, lomba cerdas cermat pemilihan, lomba mewarnai karikatur pemilu, lomba menggambar TPS dimasa pandemi Covid-19, lomba dayung perahu dan lomba game PUBG Mobile.

“Selain itu, KPU Touna juga telah membentuk tim sosialisasi yaitu Relawan Demokrasi (Relasi) untuk membatu KPU mensosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Touna tahun 2020,” ungkapnya.

Jadi, tambah Ridwan, Relawan Demokrasi yang dibentuk KPU Touna terdiri dari 10 segmen yakni segmen keluarga, perempuan, pemilih muda, berkebutuhan khusus, marjinal, keagamaan, disabilitas, komunitas, warga internet, dan pemilih pemula.

“Mereka (Relasi RED) yang juga membantu KPU Touna dalam mesosialisasikan Pilkada serentak tahun 2020,” tambahnya.

Ridwan berharap bahwa angka partisipasi pemilih umum tahun 2019 lalu dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada Pilkada serentak tahun 2020 ini.

“Kami berharap angka partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum 2019 lalu dapat dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan,” harapnya.

Olehnya, dia mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Touna untuk datang ke TPS pada 9 Desember 2020, gunakan hak pilih dan jangan golput.

Penulis : Yahya Lahamu.

 

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page