PARAWISATA 

Indahnya Gugusan Kepulauan Togean Tojo Una Una

 

Pulau Kadidiri

 

kaddiri

Saat berkunjung ke Kepulauan Togean, salah satu pulau yang harus Anda kunjungi adalah Pulau Kadidiri. Pulau ini masih masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean yang tepatnya berlokasi di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Untuk bisa sampai ke sini Anda membutuhkan waktu sekitar 3-6 jam dengan menempuh perjalanan laut dari Kota Ampana. Kadidiri ini terkenal sebagai pulau yang cukup asri. Jadi, untuk Anda yang ingin mencari suasana liburan yang tenang dan alami.

 

Pulau Malenge

pulua malenge

Pulau lainnya yang tidak kalah indah untuk Anda kunjungi selama wisata di kepulauan togean adalah Pulau Malenge. Anda yang berkunjung akan banyak melihat pepohonan karena  lokasi ini  masih memiliki banyak hutan tropis yang rindang. Hal yang menarik lagi dari Pulau Melenge adalah bagaimana Anda bisa melihat aktivitas sehari-hari dari masyarakat suku Bajoe. Pulau Malenge sendiri terbagi ke dalam dua desa yaitu Desa Malenge dan Desa Kadoda. Selain itu, RedTraveler juga jangan sampai melewatkan kesempatan untuk ber snorkeling di pulau ini. Anda bisa melihat bagaimana indahnya terumbu karang dan biota laut lainnya yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Setelah lelah mengeksplorasi keindahan bawah lautnya, RedTraveler juga bisa melakukan trekking dengan berkeliling ke hutan tropis yang ada di sini. Anda akan menemukan banyak primata yang berkeliaran di lokasi ini.

Pulau Una-Una

pulau una-una

Masih berlokasi di sekitar taman nasional, Pulau Una-Una juga menyimpan keindahan keindahan Gunung Merapi Colo. Dengan luas kaldera 3 kilometer, gunung yang satu ini berada 500 meter di atas permukaan laut. Gunung Colo inilah yang membuat pasir di Pulau Una-Una berwarna hitam tidak seperti kebanyakan pulau lainnya yang berpasir putih. Hingga sekarang Gunung Colo yang ada di sini masih aktif. Meski begitu, hal ini tidak menjadikan tempat wisata Kepulauan Togean ini kalah menarik dibanding pulau yang lainnya. Justru abu vulkanik yang menyebar di sekitar daerah ini menjadikannya tanahnya sangat subur.

Pulau Batudaka

batudaka

Pulau Batudaka adalah salah satu pulau terbesar yang ada di kepulauan Togean. Selain itu, Pulau Batudaka merupakan pulau yang paling mudah untuk dijangkau diantara pulau yang lainnya. Tempat wisata Kepulauan Togean memiliki daya tarik berupa hutan bakau dengan panorama yang indah. Perairan yang ada di Pulau Batudaka ini termasuk perairan dangkal, sehingga Anda pun bisa beristirahat sambil bermain air di pinggir pantai. Anda yang berkunjung ke sini juga bisa melihat keindahan bawah laut yang ada  dengan ber snorkeling.

Aktivitas Seru Di Pulau Togean

canoing

Seperti yang sedikit disinggung di paragraf atas kalau kepulauan ini terdiri dari banyak pulau besar dan kecil. Sehingga untuk Anda yang ingin berkeliling pulau ini bisa menyewa perahu atau canoing melihat pemandangan yang ada di sekitar. Perahu yang disewakan di sini biasanya sangat bervariasi. Jika Anda ke pulau ini bersama dengan teman-teman atau rombongan Anda bisa menyewa kapal berkapasitas 8 orang. Kapal ini biasanya disewakan dengan harga Rp 550.000 per harinya dengan rute Pulau Kadidiri, Katupat, Malenge dan Waleakodi. Sedangkan, untuk Anda yang ingin melihat langsung gunung berapi bisa meneruskan perjalanan ke Pulau Una-Una dengan biaya Rp 200.000.

Secara keseluruhan, Pulau Togean sendiri memiliki struktur yang terdiri dari batu karang hampir sama dengan daratan di bagian Sulawesi lainnya. Karena di terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil,  bahkan ada yang mengatakn kalau lokasi wisata ini mirip dengan kepulauan Raja Ampat. Dari semua tempat menyelam atau snorkeling yang ada di berbagai pulau di sini, Bomba Atoll yang dikenal sebagai salah satu tempat yang terbaik.

Selama menyelam di sini Anda bisa melihat berbagai biota laut endemik yang memang dilindungi seperti halnya kepiting kelapa atau coconutcrab. Biasanya Anda bisa menemukan hewan tersebut bersembunyi dibalik karang. Tetapi, selain uniknya biota laut yang ada di sini, Anda juga bisa melihat ubur-ubur tidak menyengat di danau ubur-ubur.  Anda bisa menyentuh ribuan ubur-ubur yang ada di sini, asalkan jangan mengangkatkan ke permukaan laut.

 

 

Related posts

Leave a Comment