Gelar Upacara HUT RI Ke-75 Pemda Touna, Terapkan Protokol Kesehatan

  • Bagikan
banner 468x60

TOUNA, INFOTOUNA.ID – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020. Peringatan ditengah pandemi Covid-19 ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan di halaman Kantor Bupati Touna, Senin (17/8).

Selaku Inspektur Upacara, Bupati Touna, Mohammad Lahay, SE, MM. hadir pula Wakil Bupati Touna, Admin AS. Lasimpala, SIP, Ketua DPRD Touna, H. Mahmud Lahay, SE, M.Si, Sekda Touna, Taslim DM. Lasupu, SP, MT, Forkompimda Kabupaten Touna, para Asisten, staf Ahli, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Touna, Ketua Tim Penggerak PKK Touna, Pimpinan istansi vertikal, Pejabat eselon III dan IV serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam amanantnya Bupati Touna, Mohammad Lahay menyampaikan, bahwa sesuai dengan surat berjenjang Kementrian Dalam Negeri kepada Gubernur dan Bupati/Walikota se Indonesia meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, kita tetap harus mensyukuri hari kemerdekaan RI ke 75, walaupun dengan upacara sederhana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Peringatan detik-detik proklamasi yang akan dilaksanakan adalah sebagai bentuk nyata bhakti kita pada bangsa ini sebagai pengingat peristiwa monumental bagi bangsa indonesa untuk merdeka, terbebas dari belenggu penjajahan, karena itulah diwajibkan kita untuk menghentikn semua kegiatan dan berdiri tegak sebagai penghormatan atas momentum detik-detik proklamasi kemerdekaan,” ucap Bupati.

Bupati mengatakan, sebagai refleksi, pada usia 75 tahun kemerdekaan Republik ini, bahwa berkat dukungan seluruh elemen masyarakat, sehingga pada tahun 2020 ini, Kabupaten Touna meraih capaian yang membanggakan dan perhargaan.

“Penghargaan pertama dari BPK-RI yakni mendapatkan WTP atas laporan keuangan Kabupaten Touna tahun 2019, untuk ke 8 kali berturut-turut, kedua meraih terbaik ke III pada lomba inovasi pada masa pandemi Covid-19 yang dilaksanakan Kemendagri dan mendapatkan penghargaan serta dana insentif daera sebesar 1 Milyar dan ketiga yaitu Kabupaten Touna merupakan satu-satunya daerah di Sulteng yang sampai saat ini masih kategori zona hijau atau zero Covid-19, ini semua atas kerja keras dan kerjasama semua pihak di Kabupaten Touna,” kata Bupati.

Lanjut kata Bupati, meskipun begitu masih banyak cita-cita yang harus kita perjuangkan sebagai anak-anak bangsa untuk mengisi arti kemerdekaan dengan berbagai peran dan tanggung jawab. Bangsa yang besar dan daerah Kabupaten Touna ini di karuniai kekayaan dan kebergaman dimana potensi ini harus kita jaga dengan sepenuh hati kita kelola dengan nurani, pikiran dan tindakan serta etika suci demi berkibarnya panji panji ibu pertiwi.

“Sesuai dengan tema besar peringatan Hut RI ke-75 yakni “Indonesia Maju” mari kita berdayakan semua potensi yang ada untuk kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bersama. Selanjutnya, mengahadapi pandemi Covid-19 ini mari kita bergotong royong semoga kita bisa melalui pandemi ini dan merdeka dari virus Corona,” lanjutnya.

Penulis : Yahya Lahamu

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.