Staf Khusus Mentan Panen Perdana Bawang Putih Hasil Uji Varietas di Napu Poso

  • Bagikan

POSO, INFOTOUNA.ID – Staf Khusus Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI), DR. Lufty dan Eric Tamalagi melaksanakan Panen Perdana Bawang Putih Hasil uji varietas yang dilakukan oleh Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah di Kelompok Tani Mekar Tani Desa Watu Maeta Kecamatan Lore Utara Kab Poso Sulawesi Tengah, Sabtu (1807/2020) kemarin.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan semangat kepada seluruh Petani bawang putih di wilayah tersebut, Karena wilayah Lembah Napu sangat cocok dikembangkan sebagai sentra produksi bawang putih, namun petani belum terbiasa dengan sistem budidaya bawang putih.

Oleh karena itu Direktur perbenihan Ditjen Hortikultura kementerian pertanian yang juga hadir menyertai Stafsus Kementan akan mengupayakan mengirim perwakilan Petani di wilayah ini untuk magang di daerah yg memiliki spesifikasi wilayah yang sama dengan dataran tinggi Napu sekaligus belajar pembenihan Kentang, misalnya di Lembang Bandung atau temanggung.

Dalam kesempatan tersebut Stafsus Kementan Dr. Lufti menyatakan bahwa saat ini kebutuhan bawang putih di Indonesia mencapai 500 ribu ton sedangkan produksi dalam negeri hanya kurang lebih 88.000 ribu ton sisanya import.

“Olehnya, diharapkan wilayah Napu Lore Utara bisa dijadikan sentra produksi bawang putih sehingga bisa mengurangi import,” kata DR. Lutfi.

Pelaksanaan uji Varietas yg dilakukan oleh Peneliti BPTP Sulteng menunjukkan bahwa Varietas Sembalun mencapai produktivitas tertinggi dibanding varitas lain yaitu varietas lokal Tinombo dan temanggung, yaitu mencapai rata2 15 ton lebih/Ha, sedangkan varietas lain hanya 14 ton lbh/ha.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar PTP Dr. Taufik, Kepala Badan Karantina PERTANIAN Sulteng Drh. Soma, Kepala BPTP Sulteng Dr. Munir, Anggota DPRD dan Kadis Pertanian Poso, pejabat lingkup pertanian Sulteng, Para koordinator PPL Kecamatan Lore Bersatu, PPL dan petani setempat.(Kominfo Sandi).

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page