oleh

Bhabinkamtibmas Desa Baluase Hadiri Simulasi Tanggap Bencana

-SIGI-34 views

SIGI, INFOTOUNA – Bhabinkamtibmas Desa Baluase, Polsek Dolo, Polres Sigi, Bripka Topan mengahadri simulasi tanggap bencana yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Baluase, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Senin (13/07/2020) di lapangan sepak bola Desa Baluase.

Kepolsek Dolo melalui BhabinKamtibmas Desa Baluase, Bripka Topan mengatakan, kegiatan simulasi tanggap bencana itu dibuka oleh Kepala Desa Baluase, Pak Safrudin dan diikuti oleh 100 peserta terdiri dari unsur Pemerintahan Desa dan Masyarakat.

“Adapun tujuan kegiatan itu, untuk membentuk warga yang siap siaga apabila suatu saat terjadi bencana di wilayah Kecamatan Dolo selatan khusunya Desa baluase. khususnya masyarakat yang tinggal di bantaran sungai,pada saat datang nya musim hujan,” kata Bripka Topan.

Lanjut kata Bripka Topan, kegiatan simulasi dimulai dari skenario yang terdiri dari beberapa fase. Fase perta adalah fase aman yang kemudian terjadinya hujan lebat yang menyebabkan volume air di sungai baluase meningkat.

“Fase yang kedua adalah waspada banjir yang mana pada simualsi banjir tersebut masyarakat di beri gambaran tanda tanda akan terjadinya banjir, kemudian terjadinya becana banjir sampai dengan evakwasi dan penanganan korban,” ujar Bripka Topan.

Dia mengatakan, setelah simulasi dengan sekonario dua fase tersebut, kegiatan di akhiri dengan evaluasi kegiatan simulasi bencana khusunya banjir

“Kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar,” tukas bripka topan.(Hms Polsek Dolo).

Komentar