oleh

KAPOLRES: Pembentukan Kampung Tangguh Agar Masyarakat Semakin Peduli Terhadap Pencegahan Covid-19

-LAINNYA-20 views

InfoTouna.id – Dalam rangka adaptasi kebiasaan baru menuju fase new normal, Bupati Tojo Una-Una (Touna) Mohammad Lahay, SE, MM, Kapolres Touna AKBP ALfred Ramses Sianipar, SIK, MH, Ketua DPRD Touna Mahmud Lahay, SE, M.SI, Kejari Touna Moh. Fadil Jauhari, SH, MH dan Wakapolres Touna, Kompol Sulih Rudito, SH, mencanangkan PT. Saraswati Coconut Product dan PT. Seger Agro Nusantara menjadi kawasan Industri Tangguh Sivia Patuju, Rabu (07/07/2020).

Dalam sambutannya Kapolres Touna AKBP Alfred Ramses Sianipar menyampaikan, bahwa tujuan utama dibentuknya kampung tangguh atau kawasan tangguh yaitu agar masyarakat memiliki rasa kepedulian terhadap pencegahan penyebaran Covid-19.

“Adanya kampung tangguh atau kawasan tangguh mendorong masyarakat lebih taat dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dilingkungannya masing-masing,” kata Kapolres.

Dikatakannya, salah satu contoh yang keliatan secara kasat mata dalam penerapan protokol kesehatan yaitu adanya posko di Desa untuk pendataan dan pengecekan suhu badan, kemudian apabila keluar rumah wajib menggunakan masker, sering mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dan jaga jarak.

“Hal itu yang harus kita lakukan di era new normal saat ini. Karena new normal bukan berarti semua orang bebas untuk berkumpul melaksanakan kegiatan seperti adanya Covid-19, namun new normal menjadikan kita semakin disiplin, lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Kapolres menambahkan, selain terkait kesehatan bahwa kampung tangguh atau kawasan tangguh dibentuk agar mampu mencegah kriminalitas dengan menerapkan sistem keamanan yang ketat, menjaga situasi kamtibmas yang kondudisif.

“Seperti yang ada didalam PT. Saraswati Coconut Product ini telah dipasang sisi tivi dimana-mana untuk menjaga situsi kamtibmas tetap kondusif dan terjadinya kriminalitas,” tambah Kapolres.

Kapolres juga mengatakan, bahwa kampung tangguh atau kawasan tangguh juga dari sisi perekonomian warga atau pun karyawan tidak berdapak sangat fatal pada saat pandemi Covid-19. Jadi perusahan masih mampu membayar gaji karyawan, sehingga masih bisa menafkai keluarga dari karyawan itu sendiri. Itulah kehebatan di Kabupaten Touna.

“Olehnya, pencanangan yang kita lakukan bersama ini, dapan menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat guna menghindari penyebaran Virus Corona atau Covid-19,” katanya.

Dia berharap setelah kegiatan ini, akan ada desa, kampung, dusun maupun kawasan lainnya menyusul untuk dicanangkan dan diresmikan sebagai kampung atau kawasan tangguh dalam penerapan protokol kesehatan dilingkungannya masing-masing.

“Kepada Pak Camat, Kapolsek dan Kepala Desa semoga termotivasi untuk menerapkan pendistribusian protokol kesehatan melalui pembentukan kampung tangguh sivia patuju di Kabupaten Touna ini dengan membedayakan sumber daya yang ada. Mari kita pertahankan Kabupaten Touna yang kita cintai ini dari penyebaran Covid-19 dengan menumbuhkan rasa kepedulian dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dimasa new normal saat ini,” tutupnya.(Red).

Komentar