Jelang Verifikasi Faktual Calon Perseorangan, KPU Touna Gelar Bimtek PPS

  • Bagikan
banner 468x60

InfoTouna.id -Persiapkan Tahapan Verifikasi Faktual untuk Bakal Pasangan Calon Perseorangan, KPU Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Mengingat masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, KPU Touna melaksanakan Bimtek Verifikasi Faktual kepada PPS di masing-masing Kecamatan se-kabupaten Touna di mulai hari ini, Sabtu (27/6/2020).

Seperti yang dilakukan oleh Komisioner KPU Touna, Ridwan Syarifuddin memberikan materi kepada PPS Kecamatan Batudaka dan Kecamatan Una-Una, Sabtu (27/6/2020).

Ridwan Syarifuddin mengatakan, jadi Bimtek PPS dilaksanakan sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan wakil Walikota Tahun 2020.

“Untuk tahapan pelaksanaan Verifikasi Faktual di mulai tanggal 29 Juni hingga 12 Juli 2020,” kata Ridwan kepada media ini,” Sabtu (27/6/2020)

Jadi kata dia, tugas PPS dimulai dari tahapan persiapan Verifikasi Faktual, antara lain pertama, PPS mengatur sistem kerja Vertual dengan ketentuan membagi wilayah kerja, membagi nama yang akan divertual, memastikan seluruh dokumen yang akan digunakan telah tersedia.

“Kemudian dalam tahapan Proses Verifikasi Faktual PPS akan melakukan, pertama, mendatangi setiap tempat tinggal pendukung yang telah dinyatakan memenuhi syarat administratif untuk mencocokkan kebenaran nama dan alamat pendukung serta dukungannya kepada Bakal Pasangan Calon Perseorangan,” jelasnya.

Kemudian lanjut dia, PPS akan berkoordinasi dengan Bakal Pasangan Calon perseorangan dan/atau tim penghubung untuk menghadirkan seluruh pendukung di wilayah desa atau sebutan lain/kelurahan pada waktu dan tempat yang telah ditentukan untuk mencocokkan dan meneliti kebenaran dukungan, apabila pendukung tidak dapat ditemui guna mencocokkan dan meneliti kebenaran dukungan.

“Setelah itu, mencocokkan kebenaran nama dan alamat pendukung, serta dukungannya kepada Bakal Pasangan Calon Perseorangan,” lanjutnya,

Dia menambahkan, bagi pendukung yang tidak hadir pada waktu dan tempat yang telah ditentukan dan datang langsung ke kantor PPS paling lambat sebelum batas akhir Verifikasi Faktual.

“Kemudian tugas PPS terakhir yaitu mencocokkan kebenaran nama dan alamat pendukung serta dukungannya kepada Bakal pasangan Calon Perseorangan terhadap dukungan ganda pada formulir model BA 4-KWK Perseorangan,” tambahnya.

Dia juga mengimbau kepada PPS dalam menjalankan tugas dilapangan harus berpedoman pada standar protokoler kesehatan.

“Hal ini juga sesuai dengan ketentuan PKPU 5 pasal 8C ayat 1 bahwa dalam melaksanakn program tahapan dan jadwal KPU berpedoman pada standar protokoler kesehatan,” tukasnya.

Selain Bimtek Verifikasi Faktual calon perseorangan, KPU juga melaksanakan Rakor Pembentukan PPDP dan penyerahan APD bagi PPS dan Sekertariat PPS.(Red).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.