Pemda Touna Siap Dukung Pilkada Serentak 9 Desember 2020

  • Bagikan

InfoTouna.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) siap mendukung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Touna, Taslim DM. Lasupu, SP, MT didampingi Asisten Administrasi Umum Drs. H. Hambiah Soetedjo dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Alfian Matajeng, S.Pd, MAP pada saat memimpin rapat persiapan Pilkada bersama KPU dan Bawaslu Kabupaten Touna, Rabu (17/6/2020) di Ruang Rapat Kantor Bupati setempat.

Sekda mengatakan, bahwa tahapan Pilkada yang sempat ditunda dikarenakan adanya pandemic Covid -19 akan kembali dilanjutkan sesuai dengan Perppu Nomor 2 tahun 2020.

“Proses tahapan Pilkada yang sudah berjalan sejak tanggal 15 Juni 2020, sehingga tidak ada alasan untuk menunda lagi pelaksanaan Pilkada serentak 2020, sebab virus corona tidak bisa diprediksi kapan akan selesai,” katanya.

Dia menegaskan, bahwa pada prinsipnya Pemerintah Daerah Kabupaten Touna siap mendukung Pilkada 2020.

“Olehnya, itu sebagai bukti dari segi anggaran tidak ada permasalahan yang signifikan, hanya saja perlunya dilakukan beberapa perubahan item pembiayaan termasuk untuk protokol Covid -19 dan hal-hal lainnya yang akan dibahas lebih lanjut,” ujarnya.

Menurutnya, seluruh rangkaian apa yang akan dikerjakan dalam rangka mendukung Pelaksanaan Pilkada tahun 2020 sudah direncanakan sebelumnya, namun tertunda karena adanya pandemic Covid -19.

“Jadi selain anggaran, Pemda Touna juga melakukan beberapa hal dalam rangka mendukung Pilkada tahun 2020 yaitu melakukan sosialisasi dan pendidikan politik dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat, melakukan percepatan perekaman KTP-elektronik, membentuk desa Pilkada dan mengoptimalkan peran tokoh masyarakat dalam mendukung pelaksanaan Pilkada,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, untuk memaksimalkan proses Pelaksanaan Pilkada tahun 2020, Pemda Touna akan merevisi kembali dan merubah semua proses pendanaan yang disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Turut hadir dalam rapat ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Harus Willah, S. Sos, M. Si, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Muh. Idrus, Kepala Kesbangpol Sutrisno Lasawedi, S.Sos, M.Si,Pejabat Satpol PP, Ketua KPU Touna, Dirrwansyah PutrA, Ketua Bawaslu Touna, Drs. Abas dan Sekertaris KPU Touna Rusdin Samu.(Red).

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page