Awasi Taman Nasional Kepulauan Togean, BTNKT dan Polres Touna Gelar Patroli Gabungan

  • Bagikan
banner 468x60

InfoTouna.id – Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) dan Polres Tojo Una-Una (Touna) melaksanakan kegiatan Patroli gabungan di wilayah perairan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sabtu 13 Juni s/d Minggu 14 Juni 2020 kemarin.

“Kegiatan Patroli gabungan ini dilakukan dalam rangka pengawasan kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, yang mana masih adanya aktivitas illegal fishing yang terjadi di Kawasan TNKT,” kata Kepala BTNKT melalui KTU BTNKT Oktavianus Sampebunga kepada media ini, Senin (15/6/2020).

Dia mengungkapkan, bahwa aktivitas Illegal Fishing yang terjadi diperairan Taman Nasional Kepulauan Togean cukup meresahkan bagi masyarakat dan sektor pariwisata karena masyarakat mulai merasakan bahwa mereka sudah mulai susah untuk mencari ikan dan dari sektor pariwisata ada kekhawatiran bahwa kerusakan yang terjadi akan menghancurkan pariwisata Togean yang sudah sangat terkenal di mancanegara.

“Pariwisata Togean mengandalkan spot diving dan snorkling yang menampilkan keindahan terumbu karang dan biotal laut yang perlu terus dijaga kelestariannya. Oleh sebab itu perlu terus dilakukan patroli pengawasan diwilayah perairan Taman Nasional Kepulauan Togean,” ungkapnya.

Dia meengatakan, pada Kegiatan patroli kali ini dipimpin langsung oleh Kapolres Touna dan Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean.

“Tim melakukan penyisiran mulai dari perairan Pulau Batudaka, Pulau Togean, Pulau Talatako, Walea Kepulauan dan Walea Besar. Tim melakukan pemeriksaan terhadap perahu-perahu nelayan yang ditemui pada saat operasi namun tidak ditemukan barang-barang berbahaya yang digunakan untuk melakukan aktivitas Illegal Fishing, seperti bom, bius dan kompresor,” ujarnya.

Lanjut kata dia, dalam patroli gabungan ini pula dirangkaikan dengan penyerahan bantuan berupa sembako, pemberian Penambah Daya Tahan Tubuh, pemberian masker kepada masyarakat, Pihak Kecamatan, Pihak Rumah sakit/Puskesmas.

“Penyerahan bantuan ini dilakukan untuk membantu masyarakat, Pihak Kecamatan, Pihak Rumah sakit/Puskesmas dalam menghadapi Pandemi Corona yang masih melanda Indonesia bahkan seluruh dunia,” lanjutnya.

Dia menambahkan, bahwa pada saat singgah dibeberapa desa dan kecamatan guna memberikan bantuan penanganan pandemi corona, tak lupa Kapolres Touna dan Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean memberikan sosialisasi untuk melakukan pengambilan ikan dengan cara yang ramah lingkungan, bukan dengan cara-cara yang illegal dan merusak lingkungan.

“Serta dalam rangka pandemi covid-19 yang mana telah diberlakukan new normal disampaikan bahwa dalam setiap aktivitas tetap mengacu pada protokol kesehatan seperti selalu mencuci tangan, menggunakan masker serta membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” tambahnya.(Red).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page