Peringatan Haul Guru Ke-52 Guru Tua di Touna Dihadiri PB Alkhairat Palu

  • Bagikan
banner 468x60

InfoTouna.id – Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) bekerjasama dengan From Majelis Alkhairat  Kecamatan Ampana Kota menggelar Haul Habib Syaid Idrus Bin Salim Aljufri atau guru tua ke-52 di Desa Pusungi, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Touna, Sabtu (6/6/2020).

Haul ini, dihadiri langsung oleh Pengurus Besar (PB) Alkhairat Palu yang juga merupakan cucu dari pendiri Alkhairat yakni Habib Idrus Bin Ali Alhabsyi dan Habib Hasan bin Idrus Alhabsyi, Cicit Guru Tua Habib Haikal bin Zen Alhabsyi dan Ustad DR. Al Imran Sultan.

Hadir juga Ketua Komda Alkhairat Touna dan sebagai  Ketua DPRD Touna, Mahmud Lahay, Ketua MUI Touna, Habib Ahmad Taha Alhabsyi, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Touna, Jafar M. Amin, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Touna, Husen M. Abubakar dan Anggota DPRD Touna lainnnya beserta para Pejabat Pemda Touna, tokoh agama dan Ratusan masyarakat Touna.

Ketua Komda Alkhairat Touna, Mahmud Lahay mengatakan, Haul yang biasanya dilaksanakan besar-besaran yang mendatangkan ribuan umat muslim dari segala penjuru Indonesia, namun pada hari ini kita hanya melaksanakan di Ampana.

“Peringatan Haul Guru Tua k untuk mengenang sosok Guru Tua yang sangat berjasa dalam bidang pendidikan, sosial dan dakwah,” kata Mahmud.

Dikatakannya, beliau (Guru Tua) adalah  sosok yang cinta ilmu. Tak hanya untuk diri sendiri, ilmu itu juga ia tularkan kepada orang lain.

“Salah satu wujud cintanya pada ilmu adalah didirikannya lembaga pendidikan Islam Alkhairaat sebagai sumbangsih nyata Guru Tua kepada agama islam,” ujarnya.

Menurut Mud nama sapaannya, Habib Idrus dianggap sebagai inspirator terbentuknya sekolah di berbagai jenis dan tingkatan di Sulawesi Tengah yang dinaungi organisasi Alkhairaat, dan terus berkembang di kawasan timur Indonesia.

“Olehnya, saya selaku Ketua Komda Alkhairat Touna siap memajukan pendidikan Alkhairat di Kabupaten Touna. Apa artinya jabatan yang diberikan kalau tidak saya gunakan untuk memajukan Alkhairat di Touna,” tukasnya.(Red).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page