Polres Touna Ungkap Pelaku Pelemparan Bom Molotov BRI Unit Ampana

  • Bagikan

INFOTOUNA – Kepolisian Resor (Polres) Tojo Una-Una (Touna) berhasil mengungkap kronologis pelemparan bom molotov oleh seorang pria di Bank BRI Unit Ampana yang terjadi Minggu (15/3/2020) pagi sekitar pukul 07.30 Wita, setelah 3 jam dari persitiwa itu pelaku berhasil ditangkap polisi.

Tersangka berinisial T alias papa Upik warga jalan Samratulangi, Kelurahan Bonerato, Kecamatan Ampana Kota, Touna yang juga nasabah di Bank BRI itu awalnya memohon pinjaman kredit usaha ke Bank BRI.

“Tersangka meminta lagi kredit ke Bank BRI Unit untuk modal usaha,” ungkap Kapolda Sulteng Irjen.Pol.Syafil Nursal di dampingi Kapolres Touna AKBP Alfred Ramses Sianipar Saat Konfres pers di Polres Touna dengan menghadirkan tersangka.

Kapolda menambahkan, karena pinjaman lama tersangka saja belum selesai alias bermasalah, maka BRI Unit tidak memenuhi permintaan tersangka, sesuai dengan keiginannya.

“Nah lantas tersangka kecewa kemudian tersangka merakit bom molotov dan sejenis bom yang di bungkus,” ungkapnya.

Lanjut di Minggu pagi sekitar pukul 07.30 wita, tersangka datang ke BRI Unit, bertemu dengan Satpam.

“Tersangka sempat dilarang masuk oleh Satpam tapi tidak mau keluar kemudian tersangka melempari bom molotov tiga buah ke dalam kantor hingga terjadi kebakaran,” jelas Kapolda.

Kemudian tersangka menaruh satu kotak yang didalamnya itu ada beberapa isi kayu, kabel, saklar, paku, baut dan pecahan kukutegel dibungkus dalam dos strika, dan ditinggalkan di tempat itu seolah-olah seperti bom.

“Tersangka sempat mengatakan kepada Satpam jangan digangu-gangu karna isi didalamnya adalah bom,” tutur Kapolda.

Setelah kejadian itu, Tim gegana/jibom sudah melakukan pemeriksaan dan sudah di deteksi, ternyata didalam kardus itu tidak ada bahan peledak.

“Dikonfirmasi kepada tersangka bahwa tersangka hanya berniat menakuti saja, didalam berita acara tersangka sudah melakukan survei pada tangal 14 Maret sebelum kejadian pembakaran itu,” tutup Kapolda.

Sementara itu, Kapolres Touna mengatakan, setelah pemeriksaan nanti kita akan tau perbuatan pidana apa saja yang tersangka lakukan.

“Sementara tersangka kena pasal 187 KUHP Tetapi tentu akan berkembang merakit termasuk berencana mungkin ada berbuatan lain nanti kita akan lihat masih dalam proses pemeriksaan,” jelas Kapolres.(Redaksi).

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page