Hari Ini KPU Touna Gelar Tes Tertulis Calon PPS

  • Bagikan
banner 468x60

INFOTOUNA – Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bakal bertugas pada Pilkada Tojo Una-Una (Touna) dinyatakan telah lulus administrasi, menjalani tes tertulis, Sabtu (7/3/2020).

Lokasi tes dilaksanakan di 12 Kecamatan se-Kabupaten Touna. Yakni, Kecamatan Tojo Barat di SDN Tombiano, Kecamatan Tojo di MDA Al-khairat Uekuli, Kecamatan Ulubongka di SMP Negeri I Ulubongka, Kecamatan Ampana Kota  di SMK 4 Pariwisata, Kecamatan Ratolindo di MTS Al-khairat Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ampana Tete di SMP 1 Ampana Tete, Kecamatan Batudaka di SDN Bomba, Kecamatan Togean di SDN 2 Lebiti, Kecamatan Una-Una di SDN 1 Wakai, Kecamatan Walea Kepulauan di SMP Muhamadiyah Dolong B, Kecamatan Walea Besar di SDN 1 Pasokan, Kecamatan Talatako di SDN Kalia.

Tes tertulis itu dimulai dari pukul 13.00 Wita. Dalam ujian PPS kali ini, waktu yang disediakan untuk menjawab soal hanya satu jam stengah. Adapun materi tes tulis berupa multiple choice sebanyak 50 soal. Peserta diberikan waktu sebanyak 90 menit atau satu jam untuk menyelesaikan materi soal.

Untuk materi soal sendiri, sesuai dengan ketentuan dalam PKPU Nomor 3 tahun 2015 tentang penyelenggaran pemilihan. Misalnya, berkaitan dengan pengetahuan tentang pemilihan yang mencakup tugas wewenang dan kewajian PPS, dan penelitian syarat dukungan pasangan calon perorangan.

“Lalu ada teknis pemungutan penghitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghitungan suara. Jadi soalnya itu berkaitan dengan tugas-tugas PPS nantinya. Soalnya juga tidak begitu rumit, karena multiple choice,” kata Ketua KPU Touna, Dirwansyah Putra.

Ia menjelaskan, ujian tes tulis PPS berjalan sesuai tahapan. Setelah ujian tulis ini, bagi peserta yang lolos akan maju ke tahap selanjutnya, yaitu tes wawancara. Untuk tes wawancara akan dilaksanakan besok  pada tanggal 8 Maret 2020.

“KPU Touna sendiri membutuhkan 438 orang anggota PPS untuk ditempatkan di 146 desa/kelurahan di daerah tersebut. Masing-masing desa ada tiga anggota PPS,” .

Kegiatan tes tertulis calon anggota PPS ini ikut dipantau pihak Bawaslu Touna yakni Panwaslu Kecamatan yang berada di 12 Kecamatan se-Kabupaten Touna.(Redaksi).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.